Kamis, 17 Maret 2011

Beternak kalkun yuk...




Entah latah ato merasa tertantang, saya nyoba beternak kalkun. Akhir Desember 2010, saya beli 3 ekor kalkun umur 1 bulan. Kata penjualnya, jenis kelamin kalkunnya belum ketahuan jantan ato betinanya.

Selain bertanya ke penjualnya tentang cara pemeliharaannya, saya juga berselancar di dunia maya. Kalo menurut referensi dari situs tentang beternak kalkun, ternyata kalkun itu bukan hewan yang pintar. Maksudnya, kalkun itu waktu masih kecil ga tahu mana yang makanan mana yang bukan, meskipun kita dah kasih makanan dalam wadah. Jadi, waktu baru beli sempat ketar-ketir soalnya kalkunnya ga makan-makan. Alhasil, daripada mati, kalkun-kalkunnya saya suapin deh...


Sekarang kalkun saya dah hampir berumur 3,5 bulan. Kalo soal makan dah ga masalah, dah ngerti mana tempat makannya. Kadang-kadang kalkunnya saya umbar. Tapi hati-hati kalo ngumbar kalkun, jangan deket-deket ayam. Soalnya kalkun lebih rentan dari ayam, jadi penyakit dari ayam bisa menular ke kalkun.

Setelah membaca tulisan saya di atas, mungkin ada yang berpikir beternak kalkun itu susah. Sebetulnya tidak juga, yang penting pada saat kita memutuskan untuk beternak kalkun, kita dah siap dengan pengetahuan cara beternak kalkun dan mau melakukannya. Pertanyaan selanjutnya, gimana prospeknya? Kalo menurut saya, prospeknya masih bagus, karena belum banyak yang beternak kalkun untuk saat ini. Meskipun saya sendiri belum pernah menjual kalkun saya, tapi kalo saya perhatikan, yang banyak dicari itu anakan kalkun umur 1 bulan ato indukannya.

Semoga tulisan saya bermanfaat. Semoga sukses beternak kalkun.


Kabar terakhir, kalkun saya sekarang tinggal 2 ekor, yang satu mati karena sakit. 

0 komentar:

Posting Komentar